Jakarta – Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, menyelenggarakan kegiatan Bedah Buku, yang  merangkum Antologi Kritik Sastra: Teks, Pengarang dan Masyarakat, dan Model Pembelajaran Literasi Untuk Pembaca Awal.

Kegiatan berlangsung di Rabu, 17 November 2021 melalui kanal Youtube, Zoom meeting  atau daring dan juga luring di Ruang Ballroom 2, Hotel Sultan, Jakarta.

Acara dibuka oleh Kepala Tata Usaha Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra; Sri Haryanti

Pada sesi Antologi Kritik Sastra: Teks, Pengarang dan Masyarakat, dihadirkan Putu Fajar Arcana (Sastrawan), Sastri Sunarti (Juri Antologi Kritik Sastra), dan Muhammad Novian (Pemenang Lomba Antologi Kritik Sastra).

Kemudian untuk sesi Model Pembelajaran Literasi Untuk Pembaca Awal, hadir pembicara Bambang

Trimansyah (penulis dan editor)  dan Boim Lebon (Penulis : Lupus Kecil)

Acara juga dimeriahkan penampilan Kelompok Musikalisasi Puisi, Komunitas Vanderwijck.

Kegiatan luring berlangsung dengan suasana diskusi dihadiri perwakilan Perpusnas RI, Balai Bahasa Sulawesi Tengah, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Nasional, Sekolah Tinggi Budi Utomo, Pusat Perfilman H. Usmar Ismail,  Media Indonesia, Sinar Harapan, Suara Edukasi Pusdatin, Komunitas Literasi Guru TK SD SMP, dan SMA, dan pegiat Taman Bacaan Masyarakat. Sedangkan kegiatan versi daring diikuti sekitar 500 pendaftar peserta Zoom meeting dan 331 penonton di kanal Youtube.

Berikut sambutan Kepala Tata Usaha Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra; Sri Haryanti, saat pembukaan acara.

(aar)

(Audio: Kepala Tata Usaha Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra; Sri Haryanti)