Suara Edukasi – Pengkajian Ramadhan Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di kampus ITB Ahmad Dahlan, Senin 13 Mei 2019. Pengkajian Ramadhan ini mengangkat tema risalah pencerahan dalam kehidupan keumatan dan kebangsaan : tinjauan ekonomi, politik dan sosial budaya. Menteri pendidikan dan kebudayaan, Muhadjir Effendy turut hadir pada pengkajian ini pada pukul 08.00 pagi, bersama Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis, dan Rektor Universitas Al-Azhar, Asef Syaifuddin. Adapun peserta yang hadir pada pengkajian ini ialah Organisasi Masyarakat Perempuan Muhammadiyah dari beberapa daerah diantaranya Banten, Garut, Lampung, Jawa Timur dan lainnya.
Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis memberikan sambutan pertama tentang pentingnya pendidikan tinggi sebagai bagian dari pendidikan Indonesia.

(Audio: Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis)

Selain itu Mendikbud Muhadjir Effendy juga menambahkan dalam sambutannya tentang pendidikan penguatan karakter atau PPK. Menurutnya didalam pendidikan ini ada 3 wilayah terapan yang penting dan harus diketahui.

Mendikbud menegaskan bahwa pembentukan karakter harus dimulai dari orang tua khususnya para ibu baik sejak dalam kandungan. Pengkajian Ramadhan ini dihadiri oleh Perwakilan Daerah Muhammadyah, Perwakilan Pimpinan Cabang Muhammadyah dan Perwakilan Pimpinan Wilayah Muhammadyah di seluruh Indonesia. Dengan harapan, program PPK kedepannya dapat berjalan dengan baik seiring dengan program peningkatan SDM dan infrastruktur.

(aar/aa)