Suara Edukasi – Workshop Akselerasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) tingkat nasional berlangsung di Hotel Aston Jakarta, Senin 17 Juni 2019. Acara ini bertujuan untuk mensinergikan koordinasi pembinaan, pelaksanaan dan pengembangan UKS/M di pusat dan daerah, serta menetapkan rencana capaian kinerja sekolah sehat di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Kegiatan Workshop ini diselenggarakan dengan baik atas kerjasama 4 Kementerian Republik Indonesia yakni Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri yang berlangsung mulai tanggal 17 hingga 20 Juni 2019.

Workshop Akselerasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) menghadirkan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan,  Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemdikbud dan Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan. Turut hadir pula para Pejabat Eselon 3 di Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri.

Kegiatan ini mengangkat tema “Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah, Sehat, Berkarakter dan Bermartabat”. Kegiatan workshop diawali laporan penyelenggaran oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Ditjen Dikdasmen Kemdikbud, Dr. Ir. M. Bakrun MM. Dalam laporannya, beliau mengatakan bahwa UKS/M ini terbentuk atas surat keputusan 4  Kementerian Republik Indonesia.

(Audio: Dr. Ir. M. Bakrun MM)

Hal ini juga ditambahkan oleh dr. Kirana Pritasari selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan dengan memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Workshop Akselerasi UKS/M tingkat nasional ini. Dalam paparannya beliau mengatakan bahwa UKS/M ini merupakan program yang strategis menjelang bonus demografi. Khususnya bagi permasalahan stunting bagi anak-anak Indonesia.

(Audio: dr. Kirana Pritasari)

dr. Kirana Pritasari mengatakan, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mempersiapkan anak-anak menjadi kelompok usia yang produktif dan selalu sehat saat disekolah. Peserta Workshop Akselerasi UKS/M yang hadir sebanyak 309 orang.

(ic/aa)