Suara Edukasi – Kegiatan Orientasi latihan dasar CPNS 2018 berlangsung di gedung A kementerian pendidikan dan kebudayaan, Jakarta senin 13 Mei 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan CPNS yang lolos pada tahap 2018. Kegiatan ini diawali dengan laporan sekretaris jenderal kemdikbud Didik Suhardi. Beliau mengatakan bahwa dari 31.000 peserta yang mendaftar hanya 630 peserta CPNS lah yang terpilih dan lolos seleksi. Mereka tersebar di seluruh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan atau LPMP diseluruh indoensia. Dan juga diantaranya berada di kantor pusat kemdikbud Jakarta. Peserta yang lolos juga berasal dari berbagai daerah. Dalam laporannya, sekretaris jenderal kemdikbud, Didik Suhardi mengatakan perihal program pemagangan yang akan dilakukan CPNS di lingkungan kementerian pendidikan dan kebudayaan. Dengan harapan, para peserta CPNS dapat mengetahui seberapa besar hal yang dilakukan oleh Kemendikbud serta memudahkan kemampuan komunikasi dan jaringan.

(Audio: Sesjen Kemdikbud,  Didik Suhardi)

Selain itu, kegiatan orientasi latihan dasar ini turut dihadiri oleh menteri pendidikan dan kebudayaan, Muhadjir Effendy yang sekaligus secara resmi membuka Orentasi Latihan Dasar para CPNS 2018 ini. Mendikbud meminta, para peserta mulai dapat menata mata, batin dan hati untuk tetap membaktikan diri kepada Kemendikbud. Menteri Muhadjir percaya dengan kemampuan para peserta CPNS 2018 yang milenial ini dapat dibutuhkan untuk birokrasi saat ini yakni ramping, gesit dan memiliki talenta yang mumpuni.

(Audio: Mendikbud Muhadjir Effendy)

Mendikbud menegaskan bahwa yang terpilih saat ini harus siap ditugaskan dimana saja dan kapan saja. Terlebih para peserta juga harus mempersiapkan diri untuk sepenuhnya mengabdi tanpa memiliki catatan perbuatan tercela yang dapat menghambat jenjang karir kedepannya.

Pelatihan dasar ini akan menjadi rapot utama bagi para peserta CPNS 2018. Mendikbud mengaku sistem pemilihan dan rekrutan tahun ini menjadi yang terbaik dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Mendikbud optimis bahwa masa depan kemendikbud ada di tangan para peserta CPNS yang nantinya bisa saja menjadi sekjen atau bahkan menteri pendidikan dan kebudayaan selanjutnya.

(aar/aa)