Suara Edukasi – Hari kedua setelah libur Hari Raya Idul Fitri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Halalbihalal bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan seluruh keluarga besar Kemdikbud. Halalbihalal ini dilaksanakan di Gedung Plaza Insani, Kemdikbud Jakarta 11 Juni 2019. Seluruh pejabat dan staff Kemdikbud turut hadir dengan mengenakan pakaian batik rapi dan sopan.

Mendikbud Muhadjir Effendy hadir dengan mengenakan pakaian batik bersama istri Suryan Widati. Halalbihalal keluarga besar Kemdikbud diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan turut dimeriahkan oleh penampilan group nasyid senada yang membawakan lagu islami. Selain itu juga ada penampilan pemain biola yang menambah kehangatan suasana Halalbihalal 1440 H.

Pada kesempatan ini, Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan tausiah didepan seluruh pejabat dan staff Kemdikbud tentang riba yang ada pada kehidupan manusia. Menurutnya, riba dapat berupa apapun dan sekecil apapun. Dan kita sebagai manusia jangan sepenuhnya yakin bahwa diri kita terbebas dari riba. Selain itu Mendikbud juga menyampaikan 3 karakter manusia yg pada tingkat Muhsinin atau yang paling dekat dan dicintai oleh Allah  SWT.

(Audio: Mendikbud Muhadjir Effendi)

Bukan hanya Mendikbud saja, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid turut menyampaikan tentang sejarah halalbihalal di Indonesia.

(Audio: Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid)

Acara halalbihalal ini dilanjutkan kembali dengan penampilan band nasyid Senada yang bernyanyi bersama Mendikbud Muhadjir Effendy. Acara Halalbihalal ini diadakan guna terus menciptakan keakraban dan keharmonisan seluruh pejabat dan staff Kemdikbud. Acara ini diakhiri dengan bersalam-salaman kepada Mendikbud dengan seluruh pejabat dan staff dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(ic/aa)