Selamat Mendengarkan Radio Suara Edukasi "Akrab dan Mencerdaskan"

Suara Edukasi AM 1440 Khz

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM), Kementerian Pendidikan Nasional memiliki tugas dan fungsi untuk mengembangkan, membina, dan mengevaluasi kegiatan di bidang teknologi pendidikan dan pendayagunaan TIK untuk pendidikan. Model pembelajaran dengan Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, telah dikembangkan sejak awal berdirinya Pustekkom dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi, salah satunya Siaran Radio Pendidikan.
Siaran Radio Pendidikan dengan nama suara edukasi, telah diselenggarakan Pustekkom sejak bulan Januari 2009. Siaran Suara Edukasi diselenggarakan untuk menjadi sebuah siaran radio yang dapat dijadikan sebagai media alternatif sumber belajar, dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional.
Suara edukasi sebagai sebuah media massa โ€œradioโ€ sudah semestinya, mempunyai sebuah profil, sebagai sebuah identitas. Dimana profil sebuah stasiun radio ini meliputi beberapa hal diantaranya, segmentasi, positioning, tagline, dan lain-lain. Profil akan menjadi jati diri atau indentitas, cerminan karakter sebuah stasiun radio, yang membedakan dengan stasiun radio lain.

Visi
Menjadi spirit dan inspirasi dalam mencerdaskan bangsa.

Misi
Mendukung peningkatan mutu pendidikan nasional dalam mencerdaskan dan memberi suri tauladan serta menyebarkan informasi dan kebijakan pendidikan dalam rangka mendukung pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan.

Tujuan
Memberikan layanan siaran radio edukatif yang dapat menunjang tujuan pendidikan nasional.

Gagasan
Untuk melengkapi/ memenuhi kebutuhan media pendidikan dengan sasaran TK, SD, PLS dan Guru yang selama ini belum tersentuh media apapun.

Filosofi
Radio merupakan media pendidikan yang mudah diakses, murah, dan fleksibel, jangkauannya lebih luas, bisa didengarkan dimana saja, sehingga cocok untuk menjadi media pendidikan.

Fungsi

    Memberi layanan siaran edukatif yang dapat menunjang tujuan pendidikan nasional.
    Sebagai bentuk penyiaran publik yang tidak hanya memberikan materi pembelajaran dan informasi pendidikan, juga menjadi sarana informasi yang mendidik dan mencerdaskan.

Manfaat
Selain menyajikan siaran-siaran yang bersifat pembelajaran/instruksional; Radio Edukasi memberikan siaran yang menghibur, bisa didengarkan dimana saja, mendidik dan mencerdaskan.

Format Station : Pendidikan, Informasi, dan Hiburan

Komposisi Program Siaran Sasaran Khusus Sasaran Umum
Pendidikan : 60 % Peserta didik dari usia 4 s.d. 12 tahun, orang tua didik Komunitas Pendidikan
Informasi : 10 % Pendidikan Luar Sekolah Masyarakat Umum
Hiburan : 10 % Guru
Budaya : 10 %
ILM : 10 %