Sistem Daring Dukung Program PAUD DIKMAS di NTB

//Sistem Daring Dukung Program PAUD DIKMAS di NTB

Sistem Daring Dukung Program PAUD DIKMAS di NTB

Suara Edukasi – Dalam menunjang pengembangan mutu pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD-DIKMAS) Nusa Tenggara Barat, Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan DIKMAS) Nusa Tenggara Barat, terus melakukan terobosan melalui bidang TIK, salah satu yang akan diprogramkan yakni dengan menerapkan bimbingan-bimbingan kepada satuan-satuan pendidikan secara daring (online).
Ditemui dalam kegiatan RNPK 2018 di Sawangan, Depok, Jawa Barat, 5-8 Februari 2018, Kepala BP-PAUD dan DIKMAS, Eko Sumardi, mengungkapkan beberapa program yang sudah dan akan dijalankan di BP-PAUD dan DIKMAS yakni seperti Sadar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) secara daring dan SAPAKU yaitu Sistem Administrasi Pembimbingan Administrasi Kursus untuk memenuhi standar akreditasi.
Eko Sumardi juga mengaku dengan memanfaatkan TIK telah memberikan dampak efisiensi terutama menekan anggaran dalam program bimbingan. Dengan hal tersebut, tentunya pendayagunaan TIK akan lebih memudahkan BP-PAUD DIKMAS dalam menciptakan program-program khusus secara online di NTB.
Libatkan orangtua dalam pendidikan karakter
Sementara itu, menyinggung soal pendidikan karakter, Eko Sumardi mengungkapkan, sejak usia dini pendidikan karakter sudah harus ditanamkan. Demi memasifkan pendidikan karakter di usia dini, BP-PAUD DIKMAS NTB juga melakukan pelatihan kepada orangtua dalam mendidik anaknya dirumah. Selain itu, menanggapi guru-guru PAUD yang hanya berasal dari lulusan SMA dan Diploma yang bukan berbasis pendidikan guru, pihaknya juga tetap memberikan modal dasar pengajaran PAUD secara daring atau online. (chr\aar)

 

(Audio: Eko Sumardi)

By | 2018-02-09T09:32:07+00:00 February 8th, 2018|Berita, Info Edukasi, Kegiatan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment