RNPK jadi ajang unjuk gigi SMK bidang Pertanian

//RNPK jadi ajang unjuk gigi SMK bidang Pertanian

RNPK jadi ajang unjuk gigi SMK bidang Pertanian

Suara Edukasi – Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 5-8 Februari 2018, menjadi ajang unjuk kebolehan bagi siswa-siswi sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satunya SMK yang berpartisipasi dalam pameran di RNPK 2018 adalah SMK Negeri 2 Metro, Lampung dan SMK Negeri Pacet Jawa Tengah, yang mengelola bidang keahlian agrobisnis. SMKN 2 Metro misalkan, mereka membawa sejumlah bibit dari berbagai jenis tanaman buah untuk dipamerkan, seperti durian emas, kelengkeng, mangga, nangka, alpukat dll.
Prawito selaku pembina dari SMK Negeri 2 Metro Lampung, mengatakan pihaknya juga sudah memberikan salah satu bibit unggulan yakni durian emas yang telah ditanam dan juga dilakukan penanaman langsung oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla di halaman gedung Pusdiklat.
Sementara itu SMK Negeri 2 Metro tidak sendiri sebagai SMK yang bergerak di bidang agronomi, SMK Negeri 1 Pacet Jawa Tengah juga tidak kalah menarik dalam memamerkan hasil karyanya di bidang pertanian tersebut. Pembina SMK Negeri 1 Pacet M. Fadholi, mengungkapkan mereka di ajang RNPK ini menunjukkan karya berupa produksi keripik nangka, paru nabati, keripik jamur tiram dan sirup wortel terobosan unik yang berhasil dikembangkan oleh siswa siswinya.
Fadholi juga mengatakan dalam pengembangan produksi di bidang pertanian, SMK Negeri 1 Pacet setidaknya sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah rumah produksi lokal, dan mendapat bantuan langsung berupa peralatan modern dari Jerman.
Pameran RNPK tahun ini juga telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sebagai ajang untuk meningkatkan mutu kinerja di bidang pendidikan. (chr\aar)

By | 2018-02-09T14:08:12+00:00 February 9th, 2018|Berita, Info Edukasi, Kegiatan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

18 + 6 =