Suara Edukasi – Rapat Koordinasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019/2020 berlangsung di Gedung Kemdikbud Jakarta, Jumat 14 Juni 2019. Rapat koordinasi ini dimulai pukul 14.00 WIB dengan dipimpin oleh Mendikbud Muhadjir Effendy. Seluruh Pejabat Eselon Satu, Kepala Dinas Pendidikan di 34 Provinsi serta Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan atau LPMP 34 Provinsi  turut hadir pada rapat koordinasi ini. Rapat koordinasi ini membahas tentang PPDB dengan menggunakan jalur zonasi di tiap provinsi.  Secara keseluruhan, setiap Kepala Dinas Pendidikan di 34 Provinsi melaporkan kondisi dan persiapan provinsinya dalam mengikuti PPDB baik secara online maupun offline. Dalam kesempatan ini Mendikbud Muhadjir Effendy menegaskan berulang kali bahwa penggunaan sistem zonasi bukan hanya pada PPDB saja melainkan diterapkan dalam permasalahan pendidikan di seluruh Indonesia.

(Audio: Mendikbud Muhadjir Effendy)

Bagi Ibukota DKI Jakarta, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa sudah mengacu pada Permendikbud No 4 dan 51 tahun 2018. PPDB tahun ini untuk DKI Jakarta membuka 6 jalur yakni inklusi, afirmasi, zonasi/non zonasi,  perpindahan tugas, luar DKI dan prestasi. Dalam hal ini Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Ratiyono menerangkan bahwa dibukanya kembali 6 jalur ini sudah termasuk ke dalam aturan Zonasi 90%. Hamid Muhammad juga menambahkan bahwa 6 jalur yang ada di DKI Jakarta sudah digolongkan sesuai ketentuan Permendikbud No. 51 tahun 2018 yakni zonasi 90%, Prestasi 5% dan perpindahan orang tua 5%.

(Audio: Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad)

Hampir semua Kepala Dinas Pendidikan melaporkan kesiapan dan tidak terdapat kendala yang cukup signifikan. Hanya Provinsi Sulawesi Tengah yang meminta kebijakan khusus terkait penetapan zonasi untuk daerah terdampak bencana yakni Palu, Sigi dan Donggala. Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Tengah, Irwan Lahace mengatakan bahwa memerlukan kebijakan khusus karena sekolah besar yang berada di Sigi dan Donggala terkena bencana yang berdampak pada sekolah yang berada di Palu.

Rapat koordinasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB 2019/2020 berjalan dengan lancar dan kondusif. Pada umumnya seluruh Dinas Pendidikan di 34 provinsi menetapkan dan mewajibkan untuk menggunakan jalur PPDB yang mengacu pada Permendikbud No. 51 tahun 2018. Mendikbud menghimbau kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan di 34 provinsi untuk menerapkan sistem Redistribusi Guru setelah PPDB berjalan.

(ic/aa)