Suara Edukasi – Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Paud dan Dikmas Kemdikbud menggelar pertemuan dengan sejumlah Lembaga Kursus Pelatihan atau LKP di Gedung Kemdikbud, Rabu 12 Juni 2019. Pertemuan ini membahas tentang Digital Marketing pada program pendidikan kecakapan kerja atau PKK dan Pendidikan Kecakapan Wirausahawan atau PKW untuk meningkatkan daya saing Lembaga Kursus Pelatihan atau LPK dan lulusan di era revolusi 4.0.

Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Agus Salim mengatakan bahwa akan mewujudkan program ini dan nantinya menjadi bahan ajar secara daring untuk bisa diterapkan di Lembaga Kursus Pelatihan tanpa memandang jenis kursusnya. Program akan dilaksanakan minimal 50 jam untuk dapat lanjut ke pembelajaran Digital Marketing baik Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW). Menurut Agus Salim, program ini nantinya berupaya agar produk-produk Indonesia bisa memasuki pasar internasional.

(Audio: Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Agus Salim)

Dalam pertemuan kali ini, Dirjen Paud dan Dikmas, Haris Iskandar turut hadir guna memberikan arahan kepada para Lembaga Kursus Pelatihan. Haris Iskandar menyambut baik dengan adanya kegiatan ini. Haris mengatakan bahwa untuk menjalankan program ini masih memiliki dua tantangan. Yakni dari segi konten provider dan komunitas. Untuk itu, Dirjen Paud dan Dikmas memiliki keinginan dan kewajiban yang harus dilaksanakan untuk kedepannya.

(Audio: Dirjen Paud dan Dikmas, Haris Iskandar)

Program ini memiliki strategi dan implementasi kebijakan. Antara lain Pengembangan Bahan /Kurikulum/Konten, Pengembangan Aplikasi, Sosialisasi/Edukasi dan Pelaksanaan Pembelajaran melalui Kursus Dalam Jaringan (Daring).

(ic/aa)