Program Kemendikbud, Sosialisasi Pelibatan Keluarga di Sekolah

//Program Kemendikbud, Sosialisasi Pelibatan Keluarga di Sekolah

Program Kemendikbud, Sosialisasi Pelibatan Keluarga di Sekolah

Suara Edukasi – Sebagai bentuk perhatian Pemerintah mengenai keterlibatan peran keluarga terhadap satuan pendidikan, melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kemdikbud menyelenggarakan program Pendidikan Pelibatan Keluarga di sekolah. Penyelenggaraan pendidikan tidak hanya dilakukan di sekolah, tapi keluarga juga memiliki peran yang sangat penting untuk menyelenggarakan pendidikan di rumah.

Dalam sosialisasi Kepala Subdirektorat Pendidikan Orang Tua Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Palupi Raraswati mengatakan melalui direktorat ini kebijakan peran orangtua dalam pelibatan disekolah dapat tercapai, program ini akan dilaksanakan melalui kegiatan kegiatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan, baik formal maupun non formal. Salah satu contohnya kegiatan pertemuan antara orangtua murid dengan wali kelas dua kali dalam satu semester.

Dalam kunjungannya ke Pustekkom (22\01) Palupi Raraswati menambahkan, dari berbagai tersedianya materi kebijakan program ini, ada yang difokuskan dan diharapkan sampai kepada pemahaman orangtua yaitu materi pengasuhan anak di era digital dan pengasuhan positif. Materi ini wajib disalurkan oleh satuan pendidikan dalam penyampaiannya kepada orang tua.

Tentunya melalui kebijakan ini, perhatian dan apresiasi dari orang tua untuk anak akan membantu menumbuhkan budi pekerti anak dan dapat meningkatkan prestasi anak baik secara akademik maupun lainnya. Ke depan, dengan adanya pendidikan keluarga di sekolah, orang tua akan lebih banyak berdiskusi dan berinteraksi dengan pihak guru maupun orang tua murid lainnya untuk perkembangan anak.

Palupi juga menginformasikan, para orang tua juga bisa mendapat buku panduan bagaimana menjadi orang tua hebat. Pemerintah juga memberikan informasi tentang referensi melalui laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Berikut audio Palupi Raraswati saat kunjungannya ke Suara Edukasi Pustekkom.

(chr-aar)

 

(Bagian 1)

(Bagian 2)

(Bagian 3)

 

By |2018-01-23T10:22:34+00:00January 23rd, 2018|Berita, Info Edukasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment