Suara Edukasi – Rapat persiapan Pengenalan Lingkungan Sekolah atau PLS berlangsung di Gedung Kemdikbud Jakarta, Jumat 21 Juni 2019. Pengenalan Lingkungan Sekolah atau PLS merupakan program kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Tentara Nasional Indonesia. Rapat dimulai pada pukul 14.00 WIB yang dihadiri oleh Mendikbud Muhadjir Effendy dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Program Pengenalan Lingkungan Sekolah atau PLS merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan Kemdikbud dengan TNI dalam rangka Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk para siswa baru pada tingkat SD hingga SMA/SMK. Program PLS akan melibatkan seluruh personel TNI di seluruh Indonesia untuk ikut mensukseskan, berpartisipasi dan mengisi materi dan pelatihan yang cocok dan relevan yang dilakukan para TNI. Mendikbud Muhadjir Effendy juga mengatakan materi dan pelatihan yang cocok untuk diterapkan ialah seperti penanaman kedisiplinan.

(Audio: Mendikbud Muhadjir Effendy)

Mendikbud juga mengatakan bahwa program ini juga dilakukan upaya pemberian bekal bagi para siswa untuk menghadapi berbagai macam pengaruh dan pikiran yang dapat membahayakan siswa tersebut.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto menyambut gembira terkait Program Pengenalan Lingkungan Sekolah atau PLS. TNI akan mempersiapkan personel di seluruh pelosok tanah air mulai dari KORAMIL, LANAL hingga LANUD.  Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa mendukung penuh program PLS ini baik dari segi teknis hingga materi-materi yang akan di berikan kepada para siswa salah satunya terkait pembinaan karakter sejak dini.

(Audio: Panglima TNI Hadi Tjahjanto)

Program Pengenalan Lingkungan Sekolah atau PLS bersifat simultan dan permanen untuk dilakukan pada tahun ajaran seterusnya. Program ini mendatangkan personel TNI ke seluruh sekolah SD hingga SMA/SMK dengan maksimal waktu 2 minggu. Selain itu, mendikbud berharap akan ada kegiatan lanjutan seperti mengajak siswa ke pangkalan TNI atau para TNI dapat menceritakan pengalaman dan memberikan inspirasi kepada para siswa.

(ic/aa)