Pembukaan Workshop Program Kemitraan Kepala Sekolah 2019

//Pembukaan Workshop Program Kemitraan Kepala Sekolah 2019

Pembukaan Workshop Program Kemitraan Kepala Sekolah 2019

Suara Edukasi – Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 13 tahun 2007 dan Permendikbud Nomor 6 tahun 2018 tentang Sistem Pendidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan mengadakan Workshop Kepala Sekolah Program Kemitraan Kepala Sekolah di Hotel Millenium Jakarta, Kamis 18 Juli hingga Minggu 21 Juli 2019. Upaya peningkatan mutu sekolah, kepala sekolah memiliki peran penting dan sangat menentukan baik dari berbagai aspek, manajemen, pembelajaran dan sumberdaya manusia pendidikan serta tenaga kependidikan di sekolahnya. Maka dari itu, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan mengadakan Program Kemitraan Kepala Sekolah yang memiliki nilai strategis dalam memeratakan pembangunan pendidikan yang bermutu di seluruh wilayah tanah air. Program ini diikuti oleh 165 peserta dengan rincian 49 peserta dari kepala sekolah inti dan 116 peserta dari kepala sekolah mitra.

Pada kesempatan ini, Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dr. Santi Ambarrukmi, M.Ed memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi Workshop Kepala Sekolah. Dalam arahannya, Dr. Santi Ambarrukmi, M.Ed menyampaikan bahwa program ini diperlukan bagi kepala sekolah yang membutuhkan pendamping dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah.

(Audio: Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dr. Santi Ambarrukmi, M.Ed)

Program Kemitraan Kepala Sekolah ini bertujuan untuk menyamakan persepsi kepala sekolah inti dan mitra tentang program peningkatan dan pemerataan mutu kepala sekolah melalui kemitraan serta memfasilitasi kepala sekolah dalam penyusunan rencana kegiatan on the job learning (OJL) di sekolah ini. Dalam hal ini, kepala sekolah merupakan tenaga kependidikan yang posisinya memegang peran signifikan dan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan disekolah. Kepala sekolah juga memiliki tugas yang tertuang dalam berbagai peraturan, baik yang mengatur tugas maupun konsekuensi dan penghargaan. Peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan menentukan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas, selain faktor kurikulum, sarana prasarana dan pembiayaan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membentuk persepsi yang sama antara kepala sekolah inti dengan mitra serta dapat bersinergi dengan kemitraan kepala sekolah dan para guru.

(ic/aa)

By |2019-07-19T10:11:04+00:00July 19th, 2019|Berita, Info Edukasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment