Pembukaan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi 2019

//Pembukaan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi 2019

Pembukaan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi 2019

Suara Edukasi – Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, bahwa guru dan dosen mempunyai fungsi peran dan kedudukan yang sangat strategis dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkannya. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menggelar kegiatan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 yang merupakan wujud penghargaan dan perhatian pemerintah atas dedikasi dan prestasi kerja guru dan tenaga kependidikan dalam membangun pendidikan di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 13-18 Agustus 2019 di 4 lokasi berbeda, yakni Hotel Kartika Chandra, Hotel Mercure Ancol, Hotel Aston Ancol dan Hotel Century Jakarta. Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi ini diikuti oleh 910 peserta terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan yang mewakili 34 Provinsi.

Pembukaan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 secara resmi dilakukan oleh Direktur Jenderal GTK, Supriano. Dalam kesempatan ini Supriano memberikan arahan terkait GTK sebagai Agen Transformasi Pengaturan Sumber Daya Manusia.

(Audio: Direktur Jenderal GTK, Supriano)

Kegiatan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan sebagai profesi terhormat, mulia bermartabat dan terlindungi. Selain itu meningkatkan dan mendorong motivasi inovasi dan kreatifitas serta membangun keteladanan guru dan tenaga kependidikan dalam menghadapi abad ke 21 atau revolusi industri 4.0.

Dalam rangkaian kegiatan ini, para peserta diminta untuk dapat mempresentasikan karya nyatanya yang telah dilakukan peserta di provinsinya masing-masing. Kegiatan ini diharapkan berdampak positif dalam peningkatan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan terhadap mutu pembelajaran peserta didik, sehingga menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan berkarakter, serta mampu bersaing di kancah internasional.

(ic/aa)

By |2019-08-13T23:15:07+00:00August 13th, 2019|Berita, Info Edukasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment