Pembukaan Festival Literasi Sekolah 2019

//Pembukaan Festival Literasi Sekolah 2019

Pembukaan Festival Literasi Sekolah 2019

Suara Edukasi – Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS). Perhelatan akbar bagi pemangku literasi ini berlangsung di Jakarta pada 25-29 Juli. Acara tahunan yang sudah memasuki tahun ke-3 ini terdiri dari dua acara besar. Pertama Lomba Literasi yang melibatkan 704 siswa jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB se-Indonesia. Mereka berlaga di 25 mata lomba, antara lain lomba menulis cerpen, mencipta komik digital dan vokasi moda literasi bergerak. Seluruh partisipan lomba literasi ini termasuk juri, panitia dan pendamping partisipan yang berjumlah 1.545 orang yang tersebar di Jakarta, Tangerang dan Bogor.  Selanjutnya Festival Literasi dilaksanakan di Plaza Insani Berprestasi dan Perpustakaan Kemendikbud dalam bentuk diskusi, pelatihan, peluncuran dan bedah buku serta pemutaran film. Tahun ini Festival Literasi Sekolah mengangkat tema “ Multiliterasi: Mengembangkan Kemandirian dan Menumbuhkan Inovasi”. Pada kesempatan ini Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi memberikan laporan terkait Festival Literasi tahun 2019.

(Audio: Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi)

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Festival Literasi Sekolah tahun 2019 yang ditandai dengan penekanan sirine. Dalam sambutannya, Mendikbud menyatakan bahwa literasi sebagai tolak ukur dalam kemajuan suatu bangsa. Peran guru amatlah penting dalam penyampaian pembelajaran kepada siswa di sekolah.

(Audio: Mendikbud, Muhadjir Effendy)

Seluruh masyarakat antusias dengan adanya Festival Literasi Sekolah ini. Masyarakat tertarik dengan adanya puluhan pengisi acara yang diadakan secara bersamaan. Melalui kegiatan ini diharapkan, gerakan literasi yang diterapkan di satuan pendidikan dapat mendorong tumbuh kembangnya kemandirian dan inovasi warga sekolah.

(ic/aa)

By |2019-07-26T16:00:58+00:00July 26th, 2019|Berita, Info Edukasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment