Pelepasan Peserta Program Kemitraan Guru SMP dan SMA tahun 2019

//Pelepasan Peserta Program Kemitraan Guru SMP dan SMA tahun 2019

Pelepasan Peserta Program Kemitraan Guru SMP dan SMA tahun 2019

Suara Edukasi – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menggelar kegiatan Pelepasan Peserta Program Kemitraan Guru SMP dan SMA tahun 2019 di Jakarta, Jumat 2 Agustus 2019. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Khusus dan Dasar. Kegiatan ini sudah berbasis zona dan baru berjalan pada tahun 2019 dengan melibatkan sejumlah guru dan kepala sekolah. Jumlah Guru SMP sebanyak 2.584 yang terdiri dari guru inti, guru mitra dan guru imbas. Kemudian jumlah Guru SMA sebanyak 1.350 yang juga terdiri dari guru inti, guru mitra dan guru imbas. Ditambah dengan jumlah kepala sekolah SMP sebanyak 900 dan kepala sekolah SMA sebanyak 450 sehingga total keseluruhan peserta program kemitraan tahun ini sebanyak 5.284 peserta.

Pelepasan Peserta Program Kemitraan Guru SMP dan SMA tahun 2019 ini diawali dengan kegiatan Workshop Guru Inti dan Guru Mitra dengan maksud mempertemukan Guru Inti dengan Guru Mitra untuk pertama kalinya. Seperti yang dikatakan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Supriano, Program Kemitraan Guru SMP dan SMA tahun 2019, merupakan kegiatan yang mendatangkan guru mitra ke sekolah guru inti guna melihat proses pembelajaran pada sekolah inti.

(Audio: Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Supriano)

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy turut hadir dengan memberikan sambutan dan arahan serta secara resmi melepas peserta Program Kemitraan Guru SMP dan SMA tahun 2019.

(Audio: Mendikbud, Muhadjir Effendy)

Mendikbud menghimbau agar kedepannya kegiatan pelatihan menggunakan zonasi dan penuh dengan kegiatan pembelajaran. Secara teknis, Program Kemitraan ialah mewujudkan program Penguatan Pendidikan Karakter yakni Penguatan Kompetensi Pembelajaran, Pembelajaran abad 21 dan Gerakan Literasi Sekolah secara terpadu melalui peran guru, kepala sekolah dan Penguatan Komunitas Belajar dan profesionalisme GTK di wilayah masing-masing.

(ic/aa)

By |2019-08-07T21:29:20+00:00August 7th, 2019|Berita, Info Edukasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment