KPAI Ekspose Hasil 93 Pengaduan PPDB 2019

//KPAI Ekspose Hasil 93 Pengaduan PPDB 2019

KPAI Ekspose Hasil 93 Pengaduan PPDB 2019

Suara Edukasi – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memiliki perhatian besar terhadap kebijakan pemerintah tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi. Sejalan dengan ini, KPAI membuka posko pengaduan khusus untuk masyarakat terkait PPDB 2019. KPAI juga membentuk tim pengawasan langsung ke lapangan dan mewawancarai para orangtua pendaftar dan petugas pendaftaran di beberapa sekolah. Sejak dibuka 20 Juni hingga 4 Juli 2019, posko pengaduan KPAI telah menerima pengaduan online sebanyak 93 pengaduan dengan rincian 70 melalui handphone pengaduan dan 22 melalui email pengaduan, serta 1 pengaduan langsung yang berasal dari DKI Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Retno Listyarti, M.Si selaku Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, menyatakan bahwa pengaduan berdasarkan jenjang sekolah paling banyak ialah pada Sekolah Menengah Atas atau SMA dengan total pengaduan sebanyak 46 melalui handphone dan 18 pengaduan melalui email. Bukan hanya itu, pengaduan berdasarkan wilayah juga terjadi pada 10 provinsi yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, D.I Yogyakarta, NTT, Bali dan Kalimantan Barat serta meliputi 33 kota/kabupaten didalamnya.

(Audio: Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, M.Si)

Meski masih memiliki banyak pengaduan, KPAI menilai bahwa kebijakan zonasi yang sudah berlangsung 3 tahun ini merupakan kebijakan positif dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Banyak sisi positif yang dapat diambil dari zonasi ini, antara lain terjadi pemerataan kualitas terhadap seluruh satuan pendidikan dan memiliki hak yang sama rata. Kemudian siswa lebih dekat dengan sekolah, hal ini baik untuk kondisi psikis, kesehatan dan pergaulan siswa. Pengawasan sekolah dan keluarga juga menjadi lebih mudah dan dapat mengurangi tindakan-tindakan berbahaya antar siswa maupun sekolah.

(ic/aa)

By |2019-07-08T08:36:32+00:00July 8th, 2019|Berita, Info Edukasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment