SuaraEdukasi – Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik) DIY, menggelar kegiatan pemanfaatan TIK untuk pendidikan melalui program tahunan Gebyar Anugerah Kuis Ki Hajar yang berlangsung 4-5 September 2017 di Gedung Balai Tekkomdik DIY.

Kuis Ki Hajar tingkat nasional tahun ini seperti pada penyelenggaraan di tahun tahun sebelumnya akan di ikut sertakan 34 provinsi dan salah satunya Daerah Istimewa Jogjakarta. Menyambut Kuis Ki Hajar, Balai Tekkomdik DIY menyemarakkan acara dengan berbagai jenis kegiatan lainnya yang sekaligus mendapat tanggapan positif dari para komunitas pendidikan di Jogjakarta.

Kepala Balai Tekkomdik DIY, Dra. Isti Triasih mengatakan melalui Kuis Ki Hajar ini tidak hanya berlangsung pada kegiatan Ki Hajar saja, namun juga digelar lomba lomba lainnya demi menambah antusias kalangan peserta untuk mengikutinya. Melalui kegiatan kegiatan yang diadakan oleh Balai Tekkomdik, Isti Triasih menambahkan hal tersebut yang juga menjadi lonjakkan daya minat peserta di Gebyar Ki Hajar tahun ini.

Sementara itu, Kepala Bidang PTP berbasis Radio Televisi dan Film (RTF) Pustekkom, Gatot Pramono menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ekstra yang diadakan oleh pihak Balai Tekkomdik DIY, melalui inisiatif yang telah dilakukan, Gatot menambahkan kegiatan seperti ini tentu tidak hanya terpaku pada kegiatan yang bersifat TIK saja namun bisa dengan kegiatan lain demi meningkatkan daya tarik dan memberikan manfaat.

Gebyar Anugrah Ki Hajar DIY di ikuti jenjang SD, SMP dan SMA sederajat. Pada lomba tingkat nasional ini, peserta diseleksi per provinsi untuk kemudian dipilih wakil terbaik yang akan berlaga pada tingkat nasional bersama dengan puluhan wakil lain dari seluruh provinsi di Indonesia. (chr\aar\an)