Kemendikbud Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

//Kemendikbud Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

Kemendikbud Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

Upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional berlangsung di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin 20 Mei 2019. Hari Kebangkitan Nasional memasuki ke 111 tahun dengan tema Bangkit Untuk Bersatu. Upacara pagi ini dimulai sejak pukul 08.30 WIB dan dihadiri oleh seluruh pejabat dilingkungan Kemendikbud. Upacara Kebangkitan Nasional tahun ini dipimpin oleh Inspektur Jenderal Kemendikbud, Muchlis Rantoni Luddin. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara bahwa, sumpah palapa menjadi embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang terwujud saat ini.

(Audio Inspektur Jenderal Kemendikbud, Muchlis Rantoni Luddin)

Pada kesempatan lain, Inspektur Jenderal Kemendikbud, Muchlis Rantoni Luddin menyampaikan tanggapannya terkait Hari Kebangkitan Nasional yang memasuki 111 tahun. Menurutnya Hari Kebangkitan Nasional ini merupakan hari dimana kita mulai memperbaharui komitmen kita tentang pentingnya persatuan dan kesatuan, pentingnya menjaga kesatuan Negara Republik Indonesia. Dalam kesempatan ini, kita sebagai masyarakat Indonesia diingatkan kembali bahwa Indonesia merupakan Negara multikultur dan plural. Maka dari itu, Muchlis Rantoni Luddin berpesan, tidak sepatutnya masyarakat Indonesia mempersoalkan perbedaan pandangan. Karena kesatuan dan persatuan adalah kekayaan Indonesia yang paling penting. Hal ini juga terkorelasi dengan dunia pendidikan. Memahami persatuan dan kesatuan tidak dapat terjadi begitu saja. Harus dididik, dan dibiasakan baik dilingkungan rumah maupun sekolah.

(Audio Muchlis Rantoni Luddin: Korelasi Pendidikan Dengan Persatuan dan Kesatuan)

Memasuki 111 tahun Hari Kebangkitan Nasional,  Muchlis Rantoni Luddin berharap masyarakat Indonesia lebih paham tentang kesatuan dan persatuan. Masyarakat dapat semakin menghayati bahwa tanpa persatuan dan kesatuan tidak mungkin dapat membangun masa depan bersama. Maka dari itu, dalam momentum ini kita harus bersama menjaga kebersamaan gotong royong. Agar seluruh masyarakat Indonesia saling membahu untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

(ic/aa)

By |2019-05-20T11:45:40+00:00May 20th, 2019|Berita, Info Edukasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment