Jakarta, Suara Edukasi – Gogot Suharwoto dilantik sebagai Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Kapustekkom) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy menggantikan Ari Santoso yang saat ini menjabat Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, di aula Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, pada Jumat, 4 Agustus 2017.
Kapustekkom baru ini dilantik bersama dengan 83 pejabat baru lainnya di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terdiri dari tiga Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) dan 27 Pejabat Administrator (eselon III), serta 53 Pejabat Pengawas (eselon IV). Dalam sambutannya Mendikbud berpesan agar menjalankan tugas dengan amanah, ikhlas dan bersungguh-sungguh.
“Ingat, di tangan saudara semua amanat bangsa ini berada. Marilah kita bangun susasana yang lebih bersih. Kemendikbud ini mengelola sumber peradaban bangsa. Kalau di pusat peradabannya jernih, maka di hilirnya juga akan jernih,” kata Mendikbud Muhadjir.
Tiga pimpinan tinggi pratama yang dilantik Mendikbud adalah Gogot Suharwoto sebagai Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom), Abdul Kahar sebagai Direktur Pembinaan Keaksaraan dan Kesetaraan, dan Siswanto sebagai Kepala Museum Nasional.
Penyegaran pejabat juga dilakukan di lingkungan Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Badan Penelitian dan Pengembangan serta Pusat-pusat.
Mendikbud meminta para pejabat yang dilantik sore ini untuk segera melaksanakan konsolidasi internal, menyusun langkah-langkah strategis dalam upaya peningkatan kinerja, dan mendayagunakan sumber daya secara optimal. “Saling menjaga, saling mengingatkan,” ujarnya. (IND/SE)