Donasi Buku Giatkan Dunia Literasi

//Donasi Buku Giatkan Dunia Literasi

Donasi Buku Giatkan Dunia Literasi

Suara Edukasi – Selama tahun 2017, PT Pos Indonesia mengirimkan 88,4 ton buku dalam program ‘Pengiriman Buku Gratis’ untuk mendukung gerakan literasi di tanah air. Pengiriman buku gratis yang dilakukan tanggal 17 setiap bulannya ini di canangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Mei 2017. Dalam acara Silaturahim dan Donasi Buku yang berlangsung pada tanggal 17 Januari 2018 di Kantor Pos Jakarta Pusat, Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud, Haris Iskandar menyatakan kegiatan ini bisa meningkatkan literasi di masyarakat.

(Audio Haris Iskandar)

 

Haris juga menyatakan perlu sinergi dengan berbagai pihak terutama swasta yang tergabung dalam Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Pos Indonesia untuk mewujudkan dan mesukseskan gerakan literasi. Pengiriman donasi buku ini merupakan inisiatif dan kolaborasi Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Edukasi Antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi, Pos Indonesia yang didukung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, pihak swasta, serta donatur lainnya, pengelola TBM serta penggiat literasi dari berbagai daerah.

Terkait donasi buku, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Dirjen PAUD Dikmas Kemendikbud, bersama Forum Taman Bacaan Masyarakat dan beberapa lembaga pegiat literasi dan dari kalangan penerbit buku menggagas sebuah platform digital berupa laman: donasibuku.kemdikbud.go.id . Tentunya ini dimaksudkan untuk memudahkan distribusi buku-buku bermutu dari pihak yang memberikan donasi ke lebih dari 10 ribu Taman-Taman Bacaan Masyarakat dan komunitas literasi yang ada di Indonesia.

(aar/aa)

By |2018-01-19T14:46:30+00:00January 19th, 2018|Berita, Info Edukasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment