BPMRPK Wujudkan Buku Audio Tunanetra

//BPMRPK Wujudkan Buku Audio Tunanetra

BPMRPK Wujudkan Buku Audio Tunanetra

Suara Edukasi – Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Yogyakarta telah mewujudkan model pembelajaran berbasis audio untuk disabilitas yakni Buku Audio Tunantera. Kepala BPMRPK, Aristo Rahadi, dalam siarannya bersama Suara Edukasi, Rabu (21\03), mengatakan, kebijakan produksi Buku Audio Tunanetra ditujukan untuk memudahkan penyandang tunanetra yang selama ini mengandalkan suara dalam menerima informasi, selain itu buku audio ini alternatif dari buku braille yang sebelumnya juga menjadi media pembantu penyandang tunanetra.

Sementara itu, buku audio bagi tunanetra ini telah diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendi pada saat pembukaan Rakor TIK 2018 di Grand Sahid, Jakarta 20 Maret 2018. Sehubungan dengan materi buku audio yang diproduksi, Aristo menjelaskan buku audio tersebut berisikan rekaman rekaman dari bermacam buku teks pelajaran di berbagai jenjang.

BPMRPK yang telah berdiri sejak 1980 tersebut, telah melakukan uji coba Buku Audio ini pertama kalianya pada awal 2017 di Mts Yaketunis di Yogyakarta. Bedasarkan penuturan dari Aristo, penyebaran Buku Audio ini hingga kini sudah menyebar ke 8 Provinsi, dan ditahun ini setelah diproduksi secara lengkap kembali akan didistribusikan ke masyarakat melalui Balai Tekkom yang tersebar di sejumlah provinsi di Nusantara. Bagi masyarakat yang ingin mengakses Buku Audio Tunanetra bisa mengunjungi laman: radioedukasi.kemdikbud.go.id (chr\aar)

 

(Audio: Kepala BPMRPK, Aristo Rahadi)

By |2018-03-22T14:41:03+00:00March 22nd, 2018|Berita, Info Edukasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment