Belajar Bahasa Daerah Melalui Laboratorium Kebinekaan

//Belajar Bahasa Daerah Melalui Laboratorium Kebinekaan

Belajar Bahasa Daerah Melalui Laboratorium Kebinekaan

Suara Edukasi – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memiliki fasilitas Laboratorium Kebinekaan yang dipusatkan sebagai tempat pelestarian bahasa daerah di Indonesia. Pengembangan laboratorium kebinekaan bahasa dan sastra untuk mengatasi permasalahan pelestarian bahasa yang dianggap lambat laun terancam punah yang ada di tengah–tengah masyarakat. Hal tersebut disampaikan kepala Bidang Strategi Kebahasaan, Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Joni Endardi dalam wawancara khusus bersama Suara Edukasi (12\03).
Joni Endardi menambahkan, melalui pengembangan laboratorium kebinekaan bahasa dan sastra tersebut diharapkan keragaman bahasa daerah yang ada di Indonesia dapat memberikan pengaruh positif terhadap para pelajar dari semua jenjang di Indonesia. Dengan didukungnya teknologi informasi dan komunikasi di laboratorium tersebut, para pelajar bisa mempelajari berbagai jenis bahasa daerah di tanah air, karena terdapat terjemahan didalamnya.
Selain itu laboratorium bahasa ini dibangun dengan tujuan mendokumentasikan 652 bahasa dan sastra daerah di seluruh Indonesia. Selain itu, Laboratorium Kebinekaan juga menyajikan beberapa unsur kebudayaan yang berhubungan dengan kebahasaan dan kesastraan.
Untuk memanfaatkan laboratorium bahasa, masyarakat dapat datang langsung ke Kawasan Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Jl. Anyar Km.4 Tangkil, Kecamatan Citeureup, Kab.Bogor, Jawa Barat. Selain itu masyarakat juga dapat mengakses laman Laboratorium Kebinekaan di: labbineka.kemdikbud.go.id .
(aar\chr)

By |2018-03-13T11:06:44+00:00March 13th, 2018|Berita, Info Edukasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment